Kamis, 08 Desember 2016 Hari Raya Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda

Kamis, 08 Desember 2016
Hari Raya Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda
    
Cintai bunda kita. Dan ia akan memperoleh rahmat yang berlimpah-limpah untuk membantumu untuk mengalahkan pergumulanmu sehari-hari. (St. Josemaria Escriva)

Antifon Pembuka (Yes 61:10)

Aku bersukaria di dalam Tuhan, jiwaku bersorak-sorai di dalam Allahku. Sebab Ia mengenakan pakaian keselamatan padaku dan menyelubungi aku dengan jubah kebenaran, seperti mempelai laki-laki mengenakan perhiasan kepala.

Gaudens gaudebo in Domino et exsultabit anima mea in Deo meo: quia induit me vestimentis salutis, et indumento iustitiƦ circumdedit me, quasi sponsam ornatam monilibus suis.

Pengantar


Pada tanggal 8 Desember 1854, Paus Pius IX mengumumkan Dogma Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda (Ineffabilis Deus), yang bunyinya antara lain sebagai berikut: Dengan inspirasi Roh Kudus, untuk kemuliaan Allah Tritunggal, untuk penghormatan kepada Bunda Perawan Maria, untuk meninggikan iman Katolik dan kelanjutan agama Katolik, dengan kuasa dari Yesus Kristus Tuhan kita, dan Rasul Petrus dan Paulus, dan dengan kuasa kami sendiri: "Kami menyatakan, mengumumkan dan mendefinisikan bahwa doktrin yang mengajarkan bahwa Bunda Maria yang terberkati, seketika pada saat pertama ia terbentuk sebagai janin, oleh rahmat yang istimewa dan satu-satunya yang diberikan oleh Tuhan yang Maha Besar, oleh karena jasa-jasa Kristus Penyelamat manusia, dibebaskan dari semua noda dosa asal, adalah doktrin yang dinyatakan oleh Tuhan dan karenanya harus diimani dengan teguh dan terus-menerus oleh semua umat beriman."
  
Pada Misa hari ini ada Madah Kemuliaan dan Syahadat
  
Doa Pagi

Ya Allah, dalam diri Perawan Maria yang dikandung tanpa noda, Engkau telah menyiapkan kediaman yang layak bagi Putra-Mu. Sebagaimana Engkau telah membeaskan dia dari setiap noda dosa, semoga berkat doanya Engkau pun memperkenankan kami sampai kepada-Mu dalam keadaan suci murni. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Bacaan Pertama
Bacaan dari Kitab Kejadian (3:9-15.20)
  
"Aku akan mengadakan permusuhan antara keturunanmu dan keturunan wanita itu."
   
Pada suatu hari, di Taman Eden, setelah Adam makan buah pohon terlarang, Tuhan Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya, “Di manakah engkau?” Ia menjawab, “Ketika aku mendengar bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi.” Lalu Tuhan berfirman, “Siapakah yang memberitahukan kepadamu bahwa engkau telanjang? Apakah engkau makan dari buah pohon, yang Kularang engkau makan itu?” Manusia itu menjawab, “Perempuan yang Kautempatkan di sisiku, dialah yang memberi dari buah pohon itu kepadaku, maka kumakan.” Kemudian berfirmanlah Tuhan Allah kepada perempuan itu, “Apakah yang telah kauperbuat ini?” Jawab perempuan itu, “Ular itu yang memperdayakan aku, maka kumakan.” Lalu berfirmanlah Tuhan Allah kepada ular itu, “Karena engkau berbuat demikian, terkutuklah engkau di antara segala ternak dan di antara segala binatang hutan! Dengan perutmulah engkau akan menjalar, dan debu tanahlah akan kaumakan seumur hidupmu! Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan itu, antara keturunanmu dan keturunannya. Keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.” Manusia itu memberi nama Hawa kepada isterinya, sebab dialah yang menjadi ibu semua yang hidup.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan, do = a, 2/4, PS 830
Ref. Aku wartakan karya agung-Mu Tuhan, karya agung-Mu karya keselamatan.
Ayat. (Mzm 98:1.2-3ab.3bc-4; Ul: lh.1ab)
1. Nyanyikanlah lagu baru bagi Tuhan, sebab Ia telah melakukan karya-karya yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus.
2. Tuhan telah memperkenalkan keselamatan yang datang daripada-Nya, Ia telah menyatakan keadilan-Nya di hadapan para bangsa. Ia ingat akan kasih dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel.
3. Segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang datang dari Allah kita. Bersorak-sorailah bagi Tuhan, hai seluruh bumi, bergembiralah dan bermazmurlah!

Bacaan Kedua
Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Efesus (1:3-6.11-12)
  
"Di dalam Kristus, Allah telah memilih kita."
  
Saudara-saudara, terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di surga. Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya. Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semua untuk menjadi anak-anak-Nya oleh perantaraan Yesus Kristus, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya, supaya terpujilah kasih karunia-Nya yang mulia, yang dikaruniakan-Nya kepada kita di dalam Dia yang dikasihi-Nya. Aku katakan “di dalam Kristus”, karena di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan Allah, yakni kami yang dari semula ditentukan untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut kepuusan kehendak-Nya. Dengan demikian kami, yang sebelumnya telah menaruh harapan pada Kristus, ditentukan-Nya supaya menjadi pujian bagi kemuliaan-Nya.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Bait Pengantar Injil, do = bes, 2/2, PS 957
Ref. Alleluya, alleluya.
Ayat. (Luk 1:28, 2/4)
Salam Maria, penuh rahmat; Tuhan sertamu. Terpujilah engkau di antara wanita.

Bacaan Injil
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (1:26-38)
  
"Engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki."
  
Dalam bulan yang keenam Allah mengutus Malaikat Gabriel ke sebuah kota di Galilea, bernama Nazaret, kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria. Ketika masuk ke rumah Maria, malaikat itu berkata, “Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau.” Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu. Kata malaikat itu kepadanya, “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya. Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya, dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan.” Kata Maria kepada malaikat itu, “Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku tidak bersuami?” jawab malaikat itu kepadanya, “Roh Kudus akan turun atasmu, dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah. Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, ia pun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya, dan inilah bulan yang keenam bagi dia yang disebut mandul itu. Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil.” Maka kata Maria, “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; terjadilah padaku menurut perkataanmu itu.” Lalu malaikat itu meninggalkan dia.
Inilah Injil Tuhan kita!
U. Sabda-Mu sungguh mengagumkan!

Renungan
   

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Arti peribahasa ini adalah sifat anak tidak jauh berbeda dengan ayah atau ibunya. Hal yang menurun dari leluhurnya pasti akan ada kemiripannya dengan orang tuanya. Yesus mengukap dalam bentuk lain. Pohon yang baik akan menghasilkan buah yang baik pula. Jarang pohon yang baik menghasilkan buah yang kurang baik. Jadi memang pohon itu dikenal dari buahnya.

Tidak berlebihan peribahasa itu dipakai ketika merefleksikan Maria Dikandung tanpa Noda. Orang pertama-tama memang mau mengenal Yesus secara lebih dalam, maka ketika orang terus dan terus masuk pada diri Yesus mau tidak mau sampai pada kebutuhan pengenalan jati diri Maria sebagai ibu-Nya.

Ketika orang mengakat tema Kesucian Yesus. Sosok satu ini yakni Yesus adalah orang yang suci murni. Bagaimana dengan ibu-Nya? Apakah ibu Maria wanita atau seorang yang dinodai oleh dosa? Kiranya tidak. Misalnya, air yang jernih akan menjadi kotor bila mengalir di selang atau paralon yang kotor. Kita yakin sungguh Yesus Kristus lahir tanpa cacat cela dosa berarti Dia telah hidup dalam kandungan atau rahim yang suci Bunda Maria.

Allah rupanya telah mempersiapkan jauh-jauh hari tubuh atau rahim yang layak dan kudus itu. Apa itu mungkin? Kenapa tidak? Kalau Allah sudah merencanakan tidak ada yang mustahil. Itu urusan Allah. Dalam Allah segala sesuatu menjadi mungkin. Kenapa harus bisa begitu? Kuasa Allah tidak mudah diselami oleh otak manusia ini.

Dalam suatu rekoleksi umat, seorang rekan imam yang menjadi pembimbing rekoleksi itu menceritakan pengalaman yang unik. Ada sebuah desa dekat kampungnya di tahun 1980-an masih belum dialiri listrik. Tetapi ada satu keluarga cukup berada pergi ke kota. Mereka pulang sambil naik mobil pick up menurunkan belanjaannya. Ketika ditanya, "Kenapa beli kulkas segala?". "Saya melihat bentuknya bagus. Kelihatannya putih cerah dan tentu menjadikan pakaian-pakaian yang disimpan di situ awet", jawabnya polos. Kami yang mendengarkan cerita itu sontak tertawa terbahak-bahak. Kulkas untuk menyimpan pakaian?

Dari cerita itu ada rasa aneh dan tidak 'nyambung' bukan? Demikianlah, Yesus yang kemuliaan dan kekudusan-Nya jauh melebihi semua, tidak mungkin lahir ke dunia melalui seorang perempuan yang berdosa. Yesus yang Maha Kudus, tak mungkin dapat dikandung oleh rahim seorang yang tercemar dosa. Maka oleh kuasa-Nya, Allah menguduskan rahim itu, membuat ia terbebas dari noda dosa. Karena Tuhan tidak dapat mengingkari diri-Nya sendiri yang tanpa dosa, sama seperti Dia tidak dapat menjadi tidak setia (lih 2Tim 2:13).

Perihal St. Maria Dikandung Tanpa Noda pun merupakan rencana Allah atau karya Allah. Pada tanggal 8 Desember 1854, Paus Pius IX mengumumkan Dogma Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda (Ineffabilis Deus), yang menyatakan bahwa Bunda Maria dikandung tanpa noda dosa asal.

Ajaran ini tentu saja tidak mudah tetapi harus diambil oleh Gereja. Gereja rupanya mau memberikan peneguhan dan pendasaran untuk umatnya. Karena secara tersirat ataupun tersurat Alkitab sendiri juga menyampaikan pengajarannya. Para Bapa Gereja rupanya saat itu mengerti dengan baik bahwa Maria adalah seorang wanita yang terpilih dan mendapatkan perlakuan khusus oleh Allah.

Misalnya, ketika kita berdoa Salam Maria di situ kita mendapatkan dan mengulangi pengertian iman. Salam Maria penuh rahmat, Tuhan menyertai engkau (Luk 1:28). Bukankah itu sebagai salam, pemberitahuan bahkan sebagai penegasan Malaikat Allah pada Maria. Kita mengenal Maria sebagai seorang yang penuh rahmat Allah. Orang yang penuh rahmat Allah adalah orang-orang yang terbuka dan membiarkan Roh Kudus hadir dan bekerja secara sempurna. Dilanjutkan, "Terpujilah engkau di antara wanita dan terpujilah buah tubuhmu." Bukankah kata-kata Elisabet ini pun mengandung makna dan menunjukkan siapa Maria?

Akhirnya kita juga mengetahui dari kitab Wahyu bahwa Bunda Marialah yang disebut sebagai perempuan yang melahirkan seorang anak laki-laki yang menggembalakan segala bangsa. Wanita ini pula yang akhirnya mengalahkan naga yang adalah Iblis (Why 12:1-6). Kemenangan atas Iblis ini dimungkinkan karena dalam diri Maria tidak pernah ada setitik dosa pun yang menjadi 'daerah kekuasaan Iblis'.
(Rm. Andreas Yudhi Wiyadi, O.Carm)

Antifon Komuni (Mzm 87:3; Luk 1:49)

Hal-hal mulia dikatakan tentang engkau, ya Maria, sebab dari padamu telah lahir surya kebenaran, yaitu Kristus, Tuhan kita.

Glorious things are spoken of you, O Mary, for from you arose the sun of justice, Christ our God.

Gloriosa dicta sunt de te, Maria: quia fecit tibi magna qui potens est.